E-Cheng (Easy Kemocheng) Strawberry Flavour

Berbicara mengenai dunia furniture, tentu tak ketinggalan pula segala macam pernak-pernik di sekitarnya. Kemoceng(duster, english) misalnya, alat pembersih satu ini memang tidak bisa dijauhkan dari perabotan rumah tangga.

Namun, ternyata kemoceng tidak hanya sekedar alat pembersih perabot dari debu dan kotoran. lebih dari itu, ternyata kemoceng mempunyai nilai lebih. Sebagaimana seperti riset yang saya lakukan dalam tugas perancangan, Desain Produk 2, semester lalu. Selain sebagai pembersih, kemoceng juga mampu sebagai hiasan dan pemanis perabotan. gag percaya ?!? Cekidot gan !



Dengan bentuk lucu mengadopsi buah Strawberry, E-Cheng datang dengan wajah baru yang lebih fresh dan cute. Selain itu, benda dominasi warna merah ini juga memunyai fungsi lebih dibandingkan kemoceng lainnya. Diantaranya adalah adanya engsel putar di lehernya yang mengakibatkan E-Cheng mampu diatur sudut kemiringannya, sehingga mampu menjangkau berbagai macam sudut perabot namun tetap dalam posisi ergonomis.

Selain itu, sebuah penutup berbahan plastik juga menambah kesan imutnya. Selain sebagai assesoris, penutup tersebut mampu dibuka dan ditutup dengan ketinggian yang mampu diatur pengguna. Kelebihannya adalah alat ini mampu mengembangkuncupkan kepala kemoceng, sehingga lebih nyaman dalam membersihkan barang. Baik itu perabot besar, sampai asbak rokok.


Proses pembuatannya pun cukup mudah. Berbekal ilmu modelling mata kuliah semester 3, saya mampu membuat prototype sesuai dengan keinginan saya menggunakan cetakan resin untuk handlenya. cukup mudah kan ?



Tentu saja membuat sebuah produk itu tak semudah membalik telapak tangan. perlu ketekunan dan proses yang panjang untuk mendapatkan hasil yang optimal. diperlukan riset yang panjang dan menganalisa kebutuhan pasar. Semoga bermanfaat !!!