30 Hari Bercerita (2018)



Yuk Ngeblog lewat Instagram!

bareng 30 hari bercerita
Mulai 1 Januari 2018 saya akan rutin ngeblog di Instagram. Karena:
1. Saya pengen pemanasan lagi, membangkitkan semangat menulis yang dulu pernah ada #halah FYI, saya punya blog pribadi hanifazhar[dot]net (sekarang menjadi lahanza.blogspot.com, males perpanjang domain dulu) namun uda jamuran, atau bahkan banyak jaring laba-labanya saking jarangnya saya nulis 😅
2. Saya pernah bermimpi (dan masih bermimpi) untuk publish buku sendiri, bukan hanya sekedar antologi seperti karya-karya sebelumnya. So, saya rasa 30 Hari Bercerita ini bisa jadi media pembelajaran untuk satu bulan ke depan.

FYI, Saya ga peduli sih, biarpun telat daftar ikutan #30haribercerita saya tetep pengen join HAHAHA, yg bikin berat cuma, akun harus diset public 😅 (baiklah, set public untuk sebulan ke depan). Insyaallah saya akan bererita berbagai kisah yang tidak pernah saya ungkapkan ke public 😂😂😂

Tragedi Tahun Baru!

Sebagai seorang pemuda introvert kurang kekinian, susah bergaul, dan tidak suka acara party, saya suka menghabiskan tahun baru di atas selimut sambil membaca buku dalam cahaya remang nan menghangatkan. Namun beberapa kesempatan, saya menghadiri ajakan temen.

Tragedi Hogmanay 2017 salah satunya! sebuah perayaaan pergantian tahun terbesar yang diadakan di Edinburgh, Scotlandia. festival ini sangat menghibur dg berbagai atraksi pertunjukan, street party, sampai keindahan kembang api mengagumkan selama 20menit dengan latar Edinburgh Castle. Menakjubkan!

Well, kalau pengen tahu keseruan budayanya, banyak ulasannya di Google. Saya berangkat bareng rombongan 15 orang teman dari berbagai kota di UK setelah Seminggu menikmati tour keliling highland, Scotland. Karena ada insiden, singkat cerita saya terpisah dari rombongan. SENDIRIAN! HP sakaratul maut!

Singkat cerita, selesai festival, saya pinjam HP random ke bule di pinggir jalan buat ngirim pesan fb ke salah satu temen, kalau saya baik-baik saja, dan karena lupa tempat parkiran mobilnya, saya akan pulang ke Glasgow naik kereta aja pagi harinya. drama belum selesai, ternyata kereta tidak beroperasi di tahun baru. adanya cuma bus, itupun paling pagi jam 7.30 dengan harga tiket yang fantatis (biasanya kereta PP bisa £12, ini bus satu arah £35, anak kos siap2 puasa wkwkwk), setelah smpe flat di Glasgow pukul 09.00 GMT, saya charge HP dan menghubungi rombongan karena belum pulang (FYI, 15 orang itu menginap d tempat saya smw). Ternyata, rombongan tidak pulang! semalam suntuk mereka megelilingi Kota-nya si Fahri AAC2 tanpa henti. nanya orang sana-sini, masuk keluar kafe dan terminal dan berharap menemukan saya. ternyata, teman saya yang saya kirimin pesan fb, tidak dibaca. keburu nangis2 dan heboh duluan. Semua menghawatirkan saya layaknya keluarga, ada yang belum tidur semalaman, sampe tidak makan 😅 pesan moralnya:
1. yuk belajar kontrol diri! beware of Panic Attack!
2. Bhinneka tunggal Ika itu benar2 kerasa di perantauan! Semua spt sodara tanpa liat latar belakang!
3. sedia powerbank ya!

CARPE DIEM

masih tentang refleksi tahun baru, kadang mempertanyakan, siapa sih yang membuat standar baku fase hidup manusia? Apakah siklus hidup manusia itu ditentukan dari standardisasi pandangan hidup masyarakat kebanyakan? bukankah setiap manusia itu unique dan menarique, serta mempunyai zona waktu masing-masing? dan yang paling penting, dapatkah kita berbesar hati memberi support kepada orang-orang terdekat kita yang memilih jalan berbeda (dalam moral value dan pilihan jalan hidup)?

Sebagai warga sebuah desa kecil di pantura, adalah sebuah kehinaan yg haqiqie masih perjaka usia di atas 25. uda jomblow, nomaden, belum punya penghasilan jelas, masih pengen sekolah (lagi), dll! kembali saya berefleksi,
1. Apakah tujuan utama manusia itu "hanya" berkembang biak? (saya ga bilang menikah dan berkeluarga itu ga bagus lho! separuh agama malah! siapa yang ga mau? poin saya, apakah tujuan utama hanya tentang selangkangan?)
2. Apakah standar kebahagian itu selalu bersumber dari materi?
3. Jangan-jangan, kita banyak komentar nyinyir karena kita iri dg pencapaian mereka yang berani melangkahi batas diri? Astaghfirullaj! atau penuh nyinyiran karena pengetahuan yang terbatas? bisa jadi!

Alhamdulillah, semakin ke sini, circle pertemanan saya semakin positif dan diversif. Saya menemui berbagai macam passion manusia, ada yang pengen bikin tempat konservasi hewan terlantar, memperbaiki sistem pemerintahan sebagai open government, NGO pendidikan di pelosok, meningkatkan kepekaan ttg kesehatan mental, membuat usaha olahan tempe, bahkan hanya bertanam bawang di pekarangan rumah. Menarique! orang-orang yang menerima panggilan hidupnya, tidak sekedar jadi manusia mainstream pengikut trend masyarakat.

Yuk jalani hidup lebih postif, dan menghargai perbedaan pilihan hidup masing-masing. Kalaupun ada pandangan moral yang berseberangan, yuk belajar mengurangi ego dan mencoba memahami dari berbagai sudut pandang untuk memperkaya wawasan.
Let's Live your life to the fullest!
your life, your rules!
Happy contemplating guys!

<0&£ $&

<3+1<2 $2¥2 ~2$1# &"&"< &1 62π<" $&, $2¥2 $"<2 ~£~6"2+ $2π41 &2π <0&£ "π+"< $2¥2 $€π411, $"?2¥2 0%2"9 |21π +2< 42?2+ ~£~62{2 ~2<$"4π¥2.

6£6£%2?2 ~2"=22+π¥2 12|2#
I. ~£π1π9<2+<2π 62¥2 <%£2+1=1+2$ &2π <09π1+1= 2π2<
II. <"$"<2 ~£~6"2+ ^2+2+2π %2#2512, 6"2+ "712π ~1$2|π¥2 :p
III. "π+"< ~£π"|1$<2π ~1~?1 &2π ?%0?0$2| <£#16"?2π ?262 $2π9 <#2|1¶ <2|2" 61?1<1%, 2|2¥ 7"92 2<" 6"|", 2|2¥ 62π9£+ ~2|2#. $0 °#2#2#2#2
¥2π9 ?£π+1π9 62?2+ ~£π7292 %2#2$12<", +£%"+2~2 602-602<" <£?262 @||2#. 1π1 $2|2# $2+"π°2, ~1~?1 $2¥2 $£<0|2# 61 #09°2%+$ <£$2~?212π.
2<" +"π99" $12?2?"π ¥2π9 6152 ?2#2~.

SAVE HUMANITY

Pertama kali saya datang ke UK, @ppigglasgow mengadakan arisan pengetahuan yang bertajuk "Life of Refugee" dari disertasi mahasiswa. kagum, terkejut, tercengang, terbelalak, dan ter ter lainnya oleh fakta-fakta yang dikemukakan. kehidupan para refugee dari negara2 timur tengah ini jauh lebih tragis dari drama. untuk keluar dari negaranya dan kabur ke negara2 Eropa saja harus mengarungi lautan luas, perahu2 kecil, dan pertaruhan nyawa.
sebuah awal perkenalan yang bagus, saya pun mengikuti berbagai event charity di Glasgow. tujuan utama saya pengen menumbuhkan empati dan mengenal lebih dekat para refugee tersebut.
Suatu hari, ada sebuah demo para refugee dari Syiria, Palestine, dll. tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran warga terkait kemanusiaan. saya bertemu Gadis kecil, sebut saja Aisha. kira2 seperti ini percakapan kami:
👯: Akhi orang Indonesia kan?
👦: yup benar!
👯: Terimakasih ya, karena warga Indonesia sangat mempedulikan kami. Kami sering menyaksikan aksi kemanusiaan yang diikuti jutaan warga di TV. Sungguh, hal itu memberi kekuatan besar bagi kami dan saudara2 saya di Palestine, kami tidak sendiri. Sekali lagi terimakasih...
👦: ... (mewek... mlipir)
Guys, dengan mata saya sendiri, saya menyaksikan betapa besar efek kepedulian kita bagi warga Palestine. Demo aksi kemanusiaan yg diikuti dengan berbagai bantuan material menguatkan para korban kemanusiaan ini. So, bagi temen-temen yg selalu berpartisipasi menyuarakan aksi kemanuasiaan untuk saudara kita di Palestine, sata acungi 1000~ jempol.
Bagi temen-temen yang selama ini nyinyir trhadap aksi-aksi tersebut, Please banget lah rasional dikit! melihat sesuatu lebih dekat. Kalau tidak bisa membantu (baik finansial, kehadiran aksi, atau sekedar doa), seenggaknya kurangi nyinyiran kalian. seenggaknya dari evidens ini, saya bersaksi bahwa aksi kemanusiaan itu membawa dampak yang besar bagi para korban.

63 2 <!=9

€3= +00, &3$3%^3 +0 63 $?0!/3&.
+0/& +#3 2%3 #2=&$0€3, +0/& +#3!% 3}}0%+$ 2%3 2??%3(!2+3& 2=& $#0"/& 2/$0 63 €2&3 +0 }33/ $3("%3.
#0÷ &0 ¥0" 3×?3(+ +0 63 +%32+3& /!<3 2 ¶"33= !} 0" +%32+ #!€ /!<3 2 $3%^2=+$ (?) !} #3 +%32+$ 0" /!<3 2 ¶"33=, +%32+ #!€ /!<3 2 <!=9.

Blusukan Pendidikan ala Scotland

Mendapat kesempatan tugas belajar di Scotland, membuat saya mengeksplorasi ilmu baik di bangku kuliah maupun sistem pendidikan secara umum. Karena saya yakin, kebodohan dan kemiskinan adalah musuh bersama tanpa mengenal latar belakang ras, agama, jenis kulit, dan lainnya. saya pengen tau gimana Inggris mendidik anak-anaknya menjadi masyarakat dunia yang tangguh!

Saya mendapati Umar (11) anak sahabat PhD di Strathclyde yang gemar membaca dan membuat proyek bacaan. dalam liburan semester, dia bisa menghabiskan 10buku bacaan tebal di luar pelajaran. ia juga memanaj proyek buku bersama teman sekelasnya.

Saya menemui Asley (5), bocah kindergarten yang belajar kampanye peduli lingkungan di NGO Woodlands, dekat apartmen. Saya melihat betapa kreatif para bunda PAUD ini menumbuhkan empati lingkungan siswanya dengan belajar langsung dari aktivis, berkampanye serta menanam pohon di semua pekarangan jalan apartmen saya.

Saya menyapa Aileen, bocah SD yang menginisiasi pengumpulan baju bekas layak pakai kawan2nya untuk diberikan kepada para refuger dari negara2 Timur Tengah. mereka jg sering mengunjungi panti jompo di sebelah masjid AlFurqon dekat apartmen saya. Mengunjungi para jompo dan belajar dari kisah mereka di masa muda.

Banyak sekali evidens yang membuktikan kalo cara belajar anak-anak ini berdasarkan proyek. So? tahukah kita kalo belajar berbasis proyek sejak dini mampu mengasah kognitif, komunikasi, empati, dll. belum lagi bonus budaya2 positif sesuai bidang proyeknya, misal budaya literasi, lingkungan, pendidikan dll.

Setidaknya itu sinopsis singkat tulisan saya dalam buku Median, Sumber Inspirasi Pendidikan yg diinisiasi oleh Kemdikbud 2017. Banyak pula kisah2 pendidikan inspiratif lainnya dari Prancis, Belanda, Amerika, China dll. Kabar baiknya, buku ini tidak dikomersialkan dan bisa dibagipakaikan oleh masyarakat umum. Walaupun, saya ga yakin persebarannya akan merata dan benar-benar sampai ke tangan netizen.

So, bagi yang ingin membacanya, tulis emailmu di kolom komentar, insyaallah akan saya bagikan ebook-nya besok pagi ya! Semoga bermanfaat! Salam!

H O B I

Salah satu pertanyaan yang selalu malas saya jawab dalam kolom identitas adalah tentang hobi. Karena sampe saat ini, saya merasa tidak punya hobi selain tidur. Kalopun saya suka travelling, blogging, membaca, diskusi, atau hobi-hobi lain yang-menurut-kebanyakan-orang-sbg-kegiatan-membosankan, seperti doing nothing! yup! I like doing nothing and enjoy the breath of nature!.

Saya selalu kagum-sekaligus-heran dengan orang-orang yang punya preferensi hobi kuat sampai dibela2in melakukan apapun, sekalipun nyawa taruhannya. Sepakbola misal. Saya punya banyak sekali sahabat pecinta bola baik liga Indonesia maupun mancanegara. walaupun habitat dari kecil dikelilingi penggila bola, sedikitpun hati saya tak tergerak untuk mencintainya. Pernah saya membeli berbagai majalah bola, membaca beritanya rutin, smpe begadang supaya ikut merasakan euforianya. PENGEN MERASAKAN, tapi sadar, semua itu sia-sia. Akhirnya saya menyerah untuk belajar mencintainya. (please note that I tried to like this sport just because I wanna try! bukan karena supaya tak tersisihkan dari pergaulan! so what dg pergaulan, saya masih bisa berteman dengan siapapun tanpa harus ngomong bola kok)

Ndilalah, saya terjebak dalam sebuah situasi dimana program kuliah saya, Creative Industry & Cultural Policy, juga membahas ttg bagaimana "sepak bola" ini mampu menjadi "agama" baru yang dielu-elukan penggilanya. perjalanan sepakbola menjadi sebuah ajang unjuk industri kreatif yang dikemas epik sampai menjadi sebuah politik identitas sebuah negara adidaya, Britania Raya! Selain textbook, sumber primer tersedia dimana-mana. salah satunya lewat field trip ke stadiun bola ternama, Manchester United misalnya.

Ujung-ujungnya, yang saya pelajari hanya sekedar tataran konsep dan teori tentang sepakbola sebagai salah satu poros ekonomi kreatif dunia, bahkan sebagai pemersatu bangsa! Saya tak pernah bisa menikmati sepakbola seutuhnya. Bahkan, saya keliling stadiun di Inggris kadang tersemat sepicik-niat-jahat untuk pamer ke temen pecinta bola HAHAHA. (lewat post ini misalnya)
OK, I failed to love football from the bottom of my heart!
P O S T - S H O L E H
Recaption from @ahmadjqf (Muhasabah akhir pekan!)
Terminologi ini dicetuskan @oombuan , untuk menyebut ikhwan-ikhwan ngehe' yang sudah melebur dengan gemerlapnya dunia. Ia bukan berarti tidak sholih, tapi justru telah malampaui kesholihan itu sendiri. tak bisa disebut sholih, tapi pernah sholih dalam pengertian yang polos, bedanya mereka sekarang sudah tidak polos seperti yang dulu. Ibarat baju putih meski terkena bercak noda ia tetap baju putih, karena post-sholih tak merubah warna asal. Atau ibarat jika ditolak ukhti, tak bisa bilang: kamu terlalu baik untukku, karena mereka bukan Fahri Abdullah yang too good to be true.

antitesa dari post-sholih juga bukan kesholihan an sich, tapi kami menyebutnya ABG alias Anak Baru Ghiroh, ikhwan yang baru-baru aja ngerasain semangat-semangatnya berislam, berdakwah, berjihad dll . Sementara mereka sudah melampauinya dulu, dan sebenarnya kalau hidup dalam ekosistem begitu ya masih bisa beradaptasi.

Post-sholih adalah satu diantara cabang realistis dan kadang oportunis, tapi bukan pesimis dan pragmatis. Sehingga mereka tak bisa diiming-imingi surga supaya menjadi subordinat kepentingan seseorang atau sekelompok orang. Mereka sudah terlatih mengendus mana yang mengajak berjuang dengan tulus, dan mana yang belang.

Dan post-sholih jika dikontekskan dengan definisi cewek jaman now soal cowok menurut raditya dika, yakni kalau ga homo ya bajingan, mereka lebih masuk ke bajingan, tapi tentu bukan dalam makna sebenarnya, lebih pas seperti kata mojok.co, sedikit nakal banyak akal. .

Kalau ketemu dengan ikhwan post-sholih, jangan dulu berprasangka macam-macam ngatain merek futur, sebelum kita ngobrol dulu di Starb*ck akhir pekan, siapa tahu bisa kayak lagu: persahabatan bagai kepompong. tsah~

ohya satu lagi, meskipun mereka ikhwan ngehe' , tapi kalau udah denger nasyid atau orasi tentang terdzaliminya umat islam di berbagai belahan dunia, semangat jihad mereka masih menyala-nyala. Nice story Jilul. Thanks for reminding!

4 T I P E - P O S T - I G

Sejak saya join gerakan @30haribercerita , saya jadi aktif menulis dan mencari insight tulisan-tulisan unik dg hashtag #30HariBercerita ! Secara tak sadar saya melakukan penelitian 4 tipe postingan IG dg variabel utama: visual (gambar) dan caption (cerita). Berikut hasil observasi saya:
  1. Gambar bagus, tulisan bagus! Jelas, ini adalah jenis postingan kesayangan netizen. jumlah komentar dan lope-lopenya pun membludak (dalam kasus saya, di atas 150). karena menurut penelitian, setidaknya 5% dari follower aktif kita bakal respon. kalo follower sy 2k, seenggaknya ada 100respon. Kalau dibawah itu, patut dicurigai itu bot semua 👻 Contoh post #GGMU 😈, Save Humanity, Hogmanay.
  2. Gambar bagus, tulisan sampah! yup, beberapa kali saya mencoba membuat eksperimen ini. coba lihat postingan saya sebelumnya yg sedang pake baju adat Oman sama tampak punggung di kampus @UofGlasgow, jumlah like n komen hampir 200 padahal isinya sampah.
  3. Gambar jelek namun konten bermakna! GA LAKU! HAHAHA, coba lihat post saya tentang POST SHOLEH dg gambar Menara Nabawi serta Siklus Hidup Manusia dg gambar screencaptured aplikasi noted. komennya rame penuh diskusi tapi jumlah lope-lopenya dibawah 100.
  4. gambar dan kontennya sampah! Sorry ya netizen, sy ga punya contohnya 😈, HAHA, tapi tipe ini pasti Ga Lakunya dari observasi saya!
Kesimpulannya, pertimbangan utama netizen dalam menunjukkan ketertarikan thd tulisan lebih condong ke gambar daripada konten. Namun ada pengecualian. Saya melihat IG temen2 cewek yang bening, posting apapun tetep digandrungi netizen, biarpun hanya gambar super-sampah putih blank tanpa noda!!! Artinya?
Cewek bening >> Gambar >> Konten
Bagaimana menurutmu? ada opini lain?
nb: observasi ini hanya sekedar senang2 dan melibatkan responden netizen umum, bukan selebgram

E N E R G I C I N T A

Energi tak dapat diciptakan, tak dapat pula dimusnakan. Namun energi dapat berubah wujud. begitulah hukum Fisika yg paling saya ingat ketika masih SMA. ingatan lainnya mgkin sudah menyublim entah jadi apa 😂 banyak sekali bentuk energi: energi gerak, energi kecepatan, energi potensial dll. Namun, tahukah kamu, apakah energi terbesar yang pernah ada? (jawabannya, lihat judul ya)

Diskusi temen2 melingker hari ini membahas ttg energi cinta sbg energi terdahsyat. masih ingat aksi nomor cantik berjilid2? kisah2 heroik orang tua yg rela berkorban demi anak? papahmuda yg rela ngurangin uang belanja demi robot gundam? cabe2an telcakititapitetepcintaamaterongnya? Cinta merupakan energi yg sangat besar dan berpengaruh thd subyektivitas. omong kosong kalo preferensi manusia itu totally obyektif. Oleh sebab itu, kita harus hati2 dlm menggunakannya karena bisa jd jalan menuju kebaikan, pun sebaliknya. Saking besarnya energi cinta, Allah berfirman dalam QS At Taubah:24

Katakanlah, "Jika bapak-bapakmu, anak-anakmu, saudara-saudaramu, istri-istrimu, keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perdagangan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya serta berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah memberikan keputusan-Nya." Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.

Saya pribadi dg sadar atau tidak, memilih sesuatu berdasarkan preferensi cinta. contoh simple misal, saya ketrima di salah satu kampus top dunia di London, tapi endingnya saya memilih @UofGlasgow yg notabenenya hanya top 50dunia, sesimpel supaya saya dapat ngampus sambil dengerin OST Harry Potter pake headset kemudian menghidupkan imajinasi saya sejak kecil untuk masuk Hogwarts! yang pada akhirnya ga bisa move on, apalagi film hits Ayat2Cinta 2 yg ambil lokasi syuting disana😅 makin baper!

Anyway, Happy Birthday UofG 567!
Thanks for the amazing year ever in 2016-2017
Via, Veritas, Vita (the way, the truth, the life)

Teman

"Hai gengs, barusan gw dikasih jamur ama murid gw yg nemu di hutan. gatau jamur apa, yg pasti gw laper jd gw makan. stok makanan gw abis, hostfam gw ga pulang2. so, doain gw ga kenapa2 abis makan jamur hutan ini ya!"

"Hai gengs, hari ini ada sabotase d sekolah. salah satu dindingnya dibakar oknum warga. entah kenapa. doain gw selamet aja gengs."

"Hai gengs, hari ini gw berani naik motor ke dusun dari talang lho. ya walopun pas baliknya jatuh smpe glundung, Alhamdulillah gw ga nangis kok. masih bisa berdiri trus pulang sendiri. semoga ga keseleo ya."

"Hai gengs, sorry gw harus segera pulang dari Kabupaten. sekolah lagi ga ada gurunya, kasian anak2 ga ada yg ngajar."

"Hai gengs, minggu depan ada persami bareng para relawan dari Palembang lho. yg ga ada agenda boleh banget ikutan ngabisin makanan mereka ke talang gw."

"Hai gengs, Idul Adha kumpul di kota yuk, escape jd khotib imam hari raya kayak Idul Fitri kmarin. zzzt"

"Hi gengs, masih inget kisah anak SMP yg mati gantung diri 2 minggu lalu. kabarnya hantunya masih berkeliaran menakuti warga lho"

dan Hai gengs-hai gengs yang lain. begitulah komunikasi kami tiap Senin dan Kamis lewat program SMS rutin memberi kabar sesama karena sulitnya medan dan sinyal di pedalaman. Sekalinya ngumpul, dari bahasan gosip ajudan bupati ganteng dan relawan ukhty2 dokter cantik sampai debat masak mie instan itu pake kuah apa nggak, pake sayur apa, smpe micinnya seberapa. saling mengunjungi ke desa masing2, sampe ada yg nangis pagi-pagi bangun tidur karna matanya bengkak dikencingi kecoak, ada yg g bs tidur karena disengat lebah, smpe ketinggalan rombongan di dalam hutan cuma berdua ditemani monyet dan tekwan karena ban pecah.

Sungguh, ingatan yang sangat berfaedah kawan! Makasih ya uda berbagi cerita dan kejadian konyol bersama. begitulah realita kehidupan yg sebenarnya menjadi relawan setahun di pedalaman. Tidak melulu kisah2 heroik demi eksistensi penulis sbgmana teory white people complex yg menyebutkan kecenderungan manusia untuk diakui, foto selfie cekrek sana-sini berselubung kegiatan sosial.

5 TIPE IG-STORY-TELLER

Social Experiment kali ini akan membahas ttg IG Story. Sejujurnya, saya masih gagal paham dg maksud dan tujuan fitur tsb, sekalipun sudah membaca artikel psikologisnya kalo IG Story fungsinya untuk mengakomodir penyakit hati kekinian, FEMO, Fear of Missing Out! ketidakfahaman ini ibarat #babyuno yg nangis kejer-kejer saya gendong paksa. Padahal dia pengen main ama temen baby lainnya. dari kaca mata saya, ada beberapa tipe postingan IG Story:

Tipe ngartis

yang selalu update apapun aktivitasnya, dimanapun ia berada, kayak selebritislah. "pokoknya harus update!".

Tipe pemanjat sosial

harus update sesuatu yang hits dan berkelas dong! lagi ketemu artes, nongkrong di tempat hits, liburan ke destinasi mainstream, belanja barang branded dll. "pokoknya follower gw harus tau n akuin kalo gw hits!".

Tipe galau dan penebar kode

biasanya post story gelap, hitam, dengan tulisan2 kecil penuh kode tsurhat yg entah dia maksudkan buat siapa. atau, hanya background gelap dg backsound lagu sendu. kalo ditanya balik, ada apa? jawabnya "gapapa kok :)". Bzzz

Tipe mamak muda hits millenial

mereka butuh wadah buat curcol! memang sih, wanita butuh puluhan ribu kata sehari, jauh lebih banyak dibanding pria. IG Story salah satu caranya. ada yg upate ttg masakan, agenda anak-anaknya, perkara rumah tangga, dll.

Tipe saintis & eksperimental

yg ini suka posting2 berita kekinian dan jurnal2 ilmiah. menuliskan kesimpulannya, bahkan bikin eksperimen tambahan buat followernya. atau sharing tips dan pembelajaran dr aktivitasnya.

kalo boleh milih, saya pengen matiin fitur IG Story. Namun, dari 5 tipe di atas, saya lebih suka liat no.4 & 5, melihat story babies lucu penghilang penat atau info2 saintis yg bukan hoax dr tipe 5. Ada tipe lain? share opinimu ya!

Kalo ada cara matiin fitur IG Story ataupun nge-mute tanpa unfollow spy ga keluar story.nya, sharing dong netizen! HAHA. boleh kan saya mengeluarkan pendapat ga suka fitur ini? sebagaimana para story teller yg jg memilih posting apapun tanpa peduli viewernya?
in frame: Baby Uno (Dr @tsalisfithrony28 & Dr @reskaayupd little cute pie)

Jawablah pertanyaan berikut!
  1. Apakah pokemon pertama Ash Ketchum?
  2. Sudah ada berapa generasi pokemon? Sebutkan masing-masing regionalnya!
  3. Siapakah rival Ash di regional Kanto?
  4. Sebutkan 8 evolusi eevee!
  5. Bagaimana cara evolusi Malamar?
  6. Mengapa Tapu Koko memberikan Z-ring secara langsung ke Ash?
  7. Sebutkan kelemahan dari Fairy-type Pokemon!
  8. Pokemon apa yg dijuluki sebagai "will of knowledge"?
  9. Apakah tipe mega-evolusi Charizard X?
  10. Apakah perbedaan kekuatan transformasi antara Mew, Ditto, dan Zoroark?
  11. Apakah pokemon yang punya dendam kusumat ke Pikachu?
  12. Mengapa Ninetales Alolan form bertipe Ice-Fairy?
  13. Bagimana kisah dibalik Meowth yg dapat bicara?
  14. Kenapa pada episode orange Island ada Gyarados berwarna merah?
  15. Apakah pokemon yg disebut "underworld"?
  16. Mengapa Mewtwo membenci manusia?
  17. Mengapa Solgaleo dan Lunala punya pre-evolusi yang sama?
  18. Sebutkan 3 pokemon yang hanya dapat berevolusi apabila berjenis kelamin perempuan!
  19. Mengapa Zangoos dan Seviper bermusuhan?
  20. Kapan Ash Ketchum menang Liga Pokemon?
  21. Ulang tahun keberapa Pokemon di th 2018?
  22. Mengapa trainer hanya dibatasi 6 pokemon yang boleh dibawa?
  23. Pokemon apa yang menciptakan alam semesta?
  24. Mengapa starter pokemon selalu bertipe Api, Air, atau Tumbuhan?
  25. Pokemon apa yg terinspirasi dari salah satu jenis ikan langka di Indonesia?
Jika kamu dapat menjawab minimal 20 pertanyaan dengan benar, WELCOME TO THE CLUB!
Saya mengenal Pokemon th 1999 (telat 3th sejak rilis pertama di Jepang). Sejak saat itu, saya mengikuti animenya sampe sekarang. saya juga main aneka game Nintendonya, mulai dari Pokemon versi Red, Heart Gold, Emerald, Platinum, Black-White, Black-White 2, XY, Omega Ruby, Sun, Ultra Moon, dan beberapa spin off, Pokemon Rumbleblast, Mystery Dungeon, Super Mystery Dungeon, Pokemon Conquest dll. Oia, koleksi Tazos saya juga masih lengkap di rumah Lamongan.
Salam,
Pokemon Master wannabe!

D A T A

Data ada di mana-mana, secara teori sih gitu! Realitanya? kita sering kesulitan mencari data yang diperlukan. Saya masih ingat jungkir balik mengumpulkan data untuk keperluan thesis saya kemarin. Menanyakan secara langsung ke berbagai sumber data instansi pemerintah, melalui situs website dan alamat surel resminya, namun cuma PHP 😅 jangankan dibalas, dibaca aja belum tentu.

Sebegitu susahnya nyari data, sampai suatu hari saya mulai mengenal portal data dari USA (data.gov) yang memuat informasi domestik untuk publik. UNTUK PUBLIK SAUDARA SAUDARA NETIZEN! ANDA TIDAK SALAH BACA! Berseluncurlah saya keasyikan baca-baca laporan data negara hits ini untuk tambahan library knowledge personal saya dan beberapa riset pribadi.

Kabar baiknya, ternyata Indonesia juga sudah memulai inisiasi open data untuk publik lho! namanya SATU DATA INDONESIA (SDI), data terbuka Indonesia sebagai wujud operasionalisasi inisiatif Satu Data. Portal ini berisi data kementerian, lembaga pemerintahan, pemerintahan daerah, dan semua instansi lain yang terkait yang menghasilkan data yang berhubungan dengan Indonesia. SDI sebagai inisiatif Pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan pemanfaatan data pemerintah. Pemanfaatan data pemerintah tidak terbatas pada penggunaannya untuk pengambilan kebijakan, tetapi juga sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data publik bagi masyarakat. Mulai dari sektor pangan, pendidikan, energi, ekonomi, infrastruktur, industri, maritim, pariwisata, kesehatan, sampai reformasi birokrasi.

penasaran? sila cek portal resminya (data.go.id) kepoin juga aku resmi IGnya @data.go.id
Yuk, manfaatin data seoptimal mungkin demi Indonesia yang lebih baik dan bermartabat.
*sekali-kali sharing kerjaan boleh lah ya! HAHAHA. FYI, setiap tiga bulan Satu Data Indonesia membuka program magangnya. yang tertarik, siap2 kepoin akun IGnya buat recruitment periode Februari-Mei 2018

Glasgow

People come, people go
but memory still remain
a great city, named Glasgow
always stay in my mind

the stunning Glasgow uni,
the magnificent Kelvingrove art gallery,
the blessing blue of river Clyde across the city
the great Chatedral and Necropolis stand beautifully
even I still enjoy its fast-changing weather in a day... .

Glasgow,
a city to remember...
please remind me to be a long-life learner forever... 
"The opposite of play is not work, It's depression"
(Brian Sutton Smith)
Pernah kepikiran ga sih, kalau dlm memainkan sebuah permainan juga butuh keseriusan? people jaman now kebanyakan lupa cara bermain, bahkan ketika menemani anak2nya main. Padahal, "game-based learning" maupun "learning through game" itu salah satu metode yang paling efektif dalam belajar. karena dalam permainan, anak-anak bahkan tidak sadar kalau mereka sedang belajar. setidaknya saya melakukan eksperiment belajar sambil bermain itu ketika bertugas menjadi Pengajar Muda. Teori ini juga didukung oleh Scot Osterweil dari MIT. ia menyebutkan alasan kenapa Game-based learning itu punya pengaruh yg signifikan. menurutnya, dalam bermain, kita punya 4 kebebasan:
  1. Freedom to explore
  2. Freedom to identify
  3. Freedom to fail
  4. Freedom to effort
Saking tertariknya dengan permainan (terutama board-game), setiap weekend seringkali saya me-time (getting lost for hours) di forbidden planet & the works (works.co.uk) kalau sedang tidak "pleseran" ke luar kota. Hanya untuk sekedar mengamati perkembangan dunia games di Britania. HAHA. Kabar baiknya, Game sekarang masuk dalam salah satu dari 16 bidang yang dikembangkan BEKRAF. walaupun belum jadi bidang prioritas, setidaknya sudah ada intensi memasukkannya dalam bidang kreatif. Bahkan, semakin banyak anak-anak muda yg menjadi pengembang game di negeri ini. Kummara salah satunya.

Duh, ga sabar menyaksikan perkembangan game (khususnya board-game, tidak melulu digital game). Insyaallah nanti saya mau bikin program buat anak-anak saya, 2 jam bermain bersama ayah setiap hatinya 😂😂😂
Saya penggemar jokes receh ala ala @dramaojol.id @drama.olshop@drama.sosialmedia dan segala drama receh ibukota lainnya 😂 Kadang saya berfikir, beberapa drama itu palsu dan dipaksakan. namun selalu sukses bikin gemes dan mngurangi penat hiruk pikuk ibukota. sesekali boleh lah ya, urun drama pribadi pagi ini:
👷: posisi di mana Bu?
😎: manggil Mas aja Pak! di pintu keluar stasiun, deket roti Maryam. (membalas dg sabar)
👷: keluar aja Bu, saya tunggu di selter. Ojek Online ga boleh masuk ke dalam.
😎: Baik Pak. (tetep stay cool)
👷: Pakai baju apa Bu?
😎: (langsung gw samperin), Pak, di profile kan uda ada nama ama fotonya... masih aja dipanggil Ibu?

Huft...hidup ini, penuh sandiwara... (malah nyanyi)
selamat berakhir pekan 🐯

Dear future me,

Tak kan kutanya kabar karna kutau kamu pasti baik dan bahagia. Apalagi kalau bukan karena penjagaan Allah melalui segala nikmat tak terduga-Nya?
Cuma penasaran pengen konfirmasi beberapa hal

Apakah kamu masih sombong, selalu sok tegar, menganggap apapun dapat dicapai tanpa bantuan orang lain? masih ingatkah ketika kuliah di Surabaya kamu ga punya duit smpe kadang ga makan seharian dan maagmu kambuh? sahabatmu yg menangis, marah, merasa tak dianggap! laper, bilang aja! ga punya duit? mereka siap bantu. atau, ketika dompetmu kecopetan di Britania Raya dan kamu gatau harus ngapain kemudian sepasang Nasrani entah darimana datang menawarkan bantuannya?

Apakah kamu masih merasa skeptis dg rahmat Tuhan tanpa batas? masih ingatkah ketika solo travelling ke highland Skotlandia, dikala hujan dan cuaca tak menentu, ada kakek2 refugee Palestine duduk membersamaimu dan berbagi rotinya? Masih ingatkah kisah2 para pejuang hidup dari Pakistan yang sudah puluhan tahun terdampar di Saudi Arabia, dengan penghasilan tak menentu, masih menawarkan buah anggurnya untuk dimakan bersama sambil menikmati malam tasyrikh bermuhasabah di bukit Mina?

Apakah kamu masih skeptis kalau segala sesuatu itu sudah didesain oleh Sang Maha Perencana? masih ingat pengalaman ketika di Frankfurt, Jerman, ketika kamu sendiri, HP mati, tak tahu arah, kemudian Muslim Amerika datang membantumu untuk menunjukan banyak hal yang tak kamu ketahui? atau, lupakah kamu dg sosok besar orang Afrika yang entah datang darimana tiba2 mengantamu yg sdg tak berdaya mencium Hajar Aswad sesudah menunaikan Thawaf Ifadhah ketika seluruh umat muslim tumpah ruah jadi satu di rumah-Nya?

Sungguh, terlalu banyak kejadian yang membuatmu harus belajar ayat-ayat tersirat-Nya. Please, PEKA! semoga di masa depan kamu dapat lebih menerima diri dengan segala potensi dan tanggungjawabnya. great power comes with great responsibility. Semoga kamu sudah ikhlas menjalankan peran sbgmn kontrakmu dg pencipta bahkan sebelum kamu terlahir di dunia.

Salam,
Dirimu yg sdg mengumpulkan puzzle roleplay kehidupan di bumi-Nya😏

J O D O H

😎 : Bang, ente uda punya bini belom?
😏 : belom Pak!
😎 : nunggu apalagi Bang? sekolah udah kelar, kerja uda mapan.
😏 : belom ketemu jodoh aja, lagian masih muda juga! emang enak nikah muda?
😎 : enak nggak enak sih Bang. kalo dipersentasi paling enaknya cuma 1% doang Bang.
😏 : wah, banyak ga enaknya dong?
😎 : 99%nya, uweeenak banget Bang!
😏 : (duh dikerjain gw)

(hening sesaat)

😏 : mumpung masih muda, saya puas-puasin dulu melakukan hal-hal yang sulit dilakukan kalo sudah berkeluarga. misal travelling dan menjelajahi dunia. Emang Bapak ga nyesel nikah muda?
😎 : nyesel banget sih Bang!
😏 : tuh kan :p (merasa menang)
😎 : nyesel, kenapa nikahnya ga dari dulu Bang, Buahahahaaa (ketawa setan)
😏 : (angkat bendera putih)

itulah obrolan singkat saya dengan bapak driver ojek online minggu kemarin ketika datang ke walimah sahabat di Depok. Saking asyiknya berdakwah, ni driver kelewatan lokasi pestanya sampe lebih dari 6 KM. keasyikan nyeramahi saya katanya. Duh gusti!.

Okay, feel free to bully me!
Seorang sahabat di London pun membully saya habis-habisan: memotret saya memakai cincin kawinnya. Semoga cepet menyusul, katanya. diaminin aja ya Netizens! 😅
Klik like, ketik AMIN! dan sebarkan! siapa tau ketemu jodohnya dari anekdot ga bermutu ini 😂

Motivasi Pengabdian di Pedalaman

Pertanyaan netizen:
Apa sih titik balik/ momen dalam hidup kamu yang mendorong kamu waktu itu memutuskan untuk mendaftar sebagai Pengajar Muda (PM)?

Titik balik kehidupan yang mendorong daftar #jadiPM karena saya menyadari dari TK sampe S2 saya mendapat beasiswa pendidikan sehingga dapat meringankan beban orang tua saya di kampung kecil pantura Lamongan. Dengan penghasilan di bawah sejuta perbulan, buat makan saja susah, apalagi untuk biaya sekolah. Oleh sebab itu, join Pengajar Muda itu hanyalah sebuah bentuk rasa syukur saya kepada Sang Maha Perencana. Ia selalu memberikan rencana terbaik dalam hidup saya. Karena secara finansial dan intelektual belum dapat diandalkan, setidaknya tenaga saya berguna sebagai bentuk kontribusi nyata. Yup, sesimpel sebagai wujud rasa syukur saya atas segala nikmat Tuhan

Alhamdulillah, sesi sharing WAminar @ind_mengajar x @matagaruda_lpdpdengan tema Global Competence & Grassroot Understanding ini sukses! Bagi netizen yg ketinggalan WAminar atau sekedar pengen lihat rangkumannya, silah tulis email di kolom komentar ya! saya kirim besok resumenya.
Yuk, Join PM16! #beran16eda sila kunjungi indonesiamengajar.org untuk info lebih lengkap!

Future Force Fair

Insight pagi ini:
Kalau beli dan pakai smartphone, bukan berarti user otomatis jadi smart kan? karna smartphone hanyalah tools. Smart itu poin utamanya bagaimana user menggunakan teknologi tersebut untuk mendukung produktivitas dan inisiatifnya.
Begitupun dengan konsep SMART CITY. itu bukan tentang installing teknologi, tapi tentang penggunaan teknologi tepat guna untuk meningkatkan produktivitas dan inisiatif masyarakat.
Yuk kita transformasi mindset kita tentang data science dan memulai inisiasi yg kreatif.
in frame: Bapak Jendral Muldoko, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) yang mendadak ngajak selfie abis ngasih motivasi.

Sosial Media

Pernah kebayang ga sih, betapa powerfulnya penggunaan data yg terhimpun dari aktivitas kita? Seminggu terakhir saya browsing beberapa portal open data berbagai negara, termasuk Canada, sebagai benchmark kerjaan di kantor. Kebetulan jg, ada seorang teman SMA yg sedang PhD di Quebec, tanpa sengaja juga browsing Montreal, salah satu kota pertukaran pemuda sahabat saya. BOOM! mendadak IG diserbu iklan-iklan Canada. dikira saya mau emigrasi kali ya HAHA.
Langsung kebayang deh muka-muka prof saya di kampus Adam Smith Business School @uofglasgow , kebetulan dulu ambil kelas Digital Transformation dan Internationalization of SMEs.

TIDAK ADA MAKAN SIANG GRATIS
yup, tidak ada sesuatu yg gratis, termasuk penggunaan sosial media macam facebook, Instagram, Twitter, Path, Tumblr, dll. mereka mengambil data pribadi kita untuk diolah dan dijual ke pihak ke-3 sampe muncul iklan Canada di atas.

Well, saya tak berkata hal ini baik atau buruk, karena kekuatan data ini bisa digunakan untuk kebaikan maupun keburukan, sesuai niat pelakunya. Misal, sensus data penduduk oleh pemerintah digunakan untuk memetakan pembangunan berkelanjutan, sedangkan penjahat selalu mengintai akun sosmed ibu-ibu sosialita untuk membaca pola aktivitas mereka sehingga dg mudah untuk berbuat jahat; menculik anak misalnya. Bahkan, di Inggris ada peraturan melarang pengambilan foto kegiatan di sekolah untuk menghindari hal-hal yg tak diinginkan.

So, mari kita menggunakan sosial media dengan bijak. Sedih rasanya melihat orang2 sekitar saya masih banyak yang kurang aware, bahkan menyebar nomor HP dan PIN di sosmednya. sebegitu kesepiankah?
Ingat, PIN itu PERSONAL IDENTIFICATION NUMBER, bukan PUBLIC IDENTIFICATION NUMBER.

FYI, termasuk setting public or private sosial media. saya pun akan segera kembali set private IG pasca komitmen @30haribercerita 😎😎😎 biar tidak ada yg menculik saya wkwkwkwk. dan sedang berjalan detox identitas di berbagai akun dunia maya 👻👻👻 Jumat Mubarak everyone!

Perpustakaan

Perpustakaan adalah tempat persembunyian paling favorit di setiap fase pembelajaran saya. Selain berasa syurga bagi pecinta pengetahuan, perpus merupakan tempat tidur paling nyaman dan jauh dari kebisingan. Selalu ada kisah unik di setiap fasenya.

ketika kuliah di ITS, sempat menjadi admin & editor konten website resmi kampus yg berkantor di puncak perpus lantai 6. kata orang sih serem, termasuk kisah horror "sudah malam atau sudah tahu?", mbak-mbak kunti penjaga lift yg suka nongol malem2 ketika pintu lift dibuka, atau kisah penjual bakso malam-malam di puncak gedung yg entah gimana cara naikin gerobaknya kesana wkwkwk. Nyatanya, selama 4tahun saya sering mabit di kantor, kadang sendirian, ga ada apa-apa kok. mungkin hantunya pada males kali ya, hantu perempuan baperan, saya kurang peka.

kisah di perpus Glasgow beda lagi. saking nyamannya, seringkali pulang dari perpus sampe jam2 dinihari. dengan atau tanpa tugas, perpus tetap menjadi tempat favorit buat nongkrong. selain karena koleksi buku dan artikel yang lengkap, tempatnya juga sangat nyaman! mau tempat yg sunyi untuk fokus ngessay sampe yg bisa glesotan tidur2an dg kasur empuk tersedia. saya juga menjadi member beberapa public library spt Mitchel Library, dan beberapa kampus tetangga, Glasgow School of Art, Caledonian University, dan Strathclyde.

Nah, setelah 2 bulan di Jakarta, tidak lupa berkunjung ke Perpustakaan Nasional (sebelah balai kota) dan perpustakaan istana negara. seneng lihat koleksi yang bagus, apalagi nemu koleksi romantisme Presiden di istana 💞 *ternyata presiden juga manusia*. HAHAHA.
Well, gimana kisah perpus di kampus kalian? Yuk, main ke perpus *buat tiduran* 😴😴😴

Flashback

Minggu pagi kuterbangun di sebuah gubuk kayu sederhana. Kuambil HP, tak ada sinyal. Panas. Gerah. Kucari kipas angin, kok ga ada barang elektronik? Mungkinkah tak ada listrik? Kubuka jendela dan kudapati diriku berada di pedalaman hutan karet diiringi kicauan burung dan serangga bersahutan. Tak lama, terdengar suara anak-anak berlarian.

"Pak, payo kite behusik ke himau tige. Bapak la janji ngan kite gale."
Sepertinya saya cukup familiar dengan bahasa ini. Begitu pun dengan wajah-wajah tengil mereka; Iranta, Edo, Ary, Engky, Laura, Raditz, dll.
Hei, dimana ini?
Apakah saya masih bermimpi?
Kuikuti langkah kecil mereka dari belakang. Kami berangkat ke sebuah tempat bekas pengeboran minyak bumi di salah satu titik hutan yang terbengkalai. Sunyi. Suram. Mereka berlarian ke pintu masuk bangunan tua tak berpenghuni sambil memeluk tiang listrik. "Pak, kebile hume la ade listriknye?" Seorang anak bertanya, "Au Pak" lainnya menyahuti serempak.
Tanpa ba bi bu, mereka membagi peran drama yang sudah didiskusikan tempo hari, entah kapan tepatnya, saya lupa. Satu persatu datang menghampiri, sambil merayu supaya saya segera membuka tas kecil berisi crayon khusus face painting. Wait? Sejak kapan saya bawa tas ini? Mengapa isinya barang aneh begini?
Mereka berhias sesuai imajinasi. Beberapa minta digambarkan macan supaya keren seperti Bara si Manusia Harimau. Sambil menunggu, yang lain beradu pantun dan tembang ala kontes penyanyi instan.
"Sakitnya tuh di sini, di dalam hatiku..." Wait, sepertinya ada yg salah, gumamku. Bukankah lagu hitsnya Cita Citata ini sudah lama tergerus "Jaran Goyang"nya si Via Vallen? Lagi, bukankah serial Manusia harimau juga sudah lenyap? Kids jaman now kan serialnya anak jalanan, anak langit, atau anak-anakan ga jelas lainnya? OMG! Apakah saya terjebak dalam memori tahun 2015 di Talang Airguci?

Entahlah... Saya galau dalam kebimbangan, terjebak di antara imajinasi dan realita. Terlepas dari itu semua, saya tetep tersenyum menemani permainan mereka asal diiringi musik dangdut. (endingnya maksa)

Data Detox

Kucoba iseng membuka marketplace e-commerce dan memasukkan kata kunci: alat sadap. Ternyata, ribuan temuan berbagai alat sadap mulai dari sadap GSM, track map, suara, video, dengan berbagai macam bentuk. Misalnya mini cam, chips, box kecil, sampai berbentuk kartu nama. eksperiment ini dalam rangka pembuktian materi terkait data awareness dari Lembaga Sandi Negara (LSN) beberapa hari lalu.

Ternyata benar, zaman now ini semua fasilitas KEPO dapat didapatkan dengan mudah. Bahkan, pengembang aplikasi digital juga bertebaran (bahkan ada yang freeware), semacam Whatsapp tracker, email hacker dll. Okey, semakin ke sini, semakin insecure dg data security.

Bismillah, selama seminggu ke depan mau detox footprint personal data digital. mau ikutan? sila klik link di bawah ini untuk panduan
http://datadetox.myshadow.org

Keseksian Indonesia

Dua bulan terakhir banyak berinteraksi dengan World Bank dan United Nations, bahkan seminggu terakhir cukup intens dg UN untuk berdiskusi terkait studi pengembangan di berbagai Daerah Indonesia. cukup menarique, karena Indonesia ini "sangat seksi" dg keindahan HQQ di mata dunia dalam hal development studies, karena:

Indonesia merupakan salah satu negara berpenduduk terbesar (nomor 4 dunia) dengan luas wilayah yg sangat besar! ditambah lagi, jumlah pulau yg mencapai 17K yg menjadikannya negara kepulauan terbesar di dunia. Hal tersebut menjadi tantangan yang HQQ dalam konsep development studies, ditambah lagi, Indonesia merupakan negara demokrasi dg sistem otonomi daerah. KOMPLIT! kecarut-marutan adalah keniscayaan dg kompleksitas tersebut.

Banyak organisasi dunia berlomba-lomba membuat perubahan di negara kita. karena sekecil apapun perubahannya, itu sangat berdampak! jadi tidak heran kalau menjadikannya batu loncatan sbg pembuktian aktualisasi diri manusia yg punya arti, bagi para bule itu. nggak tau deh kalo native Indonesian sendiri hihihi... So, anak bangsa, yuk berkarya!

Thanks to the United Nations for an eye-opener of the beauty of Indonesian development studies. *berkarya di UN, menarique juga 😎

Masa Kecil

Harry Potter, sebuah kisah klasik yang setia menemani imajinasi saya sejak kecil. Masih terekam dengan jelas ekspresi Harry ketika menerima surat pertamanya dari Hogwarts School of Witchcraft and Wizardy di ulang tahun ke-11, atau gaya si Hermione ketika ngajarin Ron Weasley sihir levitasi, "Vingardium Laviousa, not, Vingardium Laviosaa", sampe petualangan berburu horcruxes dan bertarung melawan Death eaters! Tidak jarang, saya mendengarkan OST Hedwig sambil belajar ataupun menjelang tidur, supaya ketika terlelap, saya terbangun di peron 9 3/4 dan segera naik kereta menuju Hogwarts kemudian daftar jadi tim Quiddict! OMG! makasih @officialJKRowling sudah membuat masterpiece yang mewarnai masa kecil saya!

Pohon Trinil

Po hon Tri nil
p o h o n t r i n i l

Sebatang pohon berusia ratusan tahun yang melilit-lilit manja menambah estetika! para turis menyebutnya Pohon Harry Potter!
wisata baru Lamongan yg hits tahun 2018. penasaran?
Sila coba yutub-in aja liputan2nya di berbagai media.
Biaya masuk 3K, parkir, 2K, es & pentol 5K
TOTAL 10K uda bahagia 😎😅.
*postingan failed, ga bakat jadi duta wisata 👻👻👻

E V A L U A S I

Alhamdulillah, hari ini tanggal 30 Januari. Artinya... besok uda ga dikejar utang komitmen post blog IG. Terkait komitmen, @30hariberceritamerupakan gerakan ngeblog IG rutin sebulan di awal tahun. apakah saya orang yg berkomitmen? dilihat dari total posting (termasuk post ini), jumlahnya 30. LUNAS! tapi kalau ditelaah, saya sempat bolong 4 hari. entah karena tergerus kesibukan dunia yang fana, hahaha, atau lagi bosen, ga pengen aja. please note, bukan karena kehabisan ide! ingat itu! artinya apa? saya orang yang cukup berkomitmen ngepost 30/30 walaupun tingkat rutinitas 26/30.

Dilihat dari segi kualitas, saya mengklasifikasikan menjadi 3: Shitposting (9), post pembelajaran (15), lain-lain berisi fiksi, jokes, kenangan dll (6). Artinya apa? saya seorang realis yg suka berbagi insight dari berbagai pengalaman. Walaupun, agak sedikit nakal, posting sampah mencapai 1/3 total post. Nyatanya? netizen cukup menyukai shitposting kok (dilihat dari like & komen) asalkan gambarnya instagramable. Sebaliknya, bbrp post informasi penting minin likes. Sepertinya tingkat prioritas kepentingan saya beda frekuensi dg netizen. Total likes mencapai 2500, apabila dibagi 30, maka rata-rata sekitar 83 likes. Artinya netizen menikmati postingan saya.

Selain itu, follower saya bertambah sekitar 65 dari netizen anta berantah. Puluhan dari aktivis gerakan ini, belasan dari akun abal-abal alias bot. Hal ini membuktikan kalau gerakan ini mampu menambah lingkaran pertemanan sekaligus menelanjangi pintu keamanan (karena kita set public). Klo dari kacamata admin, saya mendapat 15 likes dan 1 kali regram. Hmmm.... tulisan saya ga sampah-sampah banget lah! buktinya 50% dilike admin @30haribercerita

Overall, key performance saya memenuhi kriteria komitmen dan kualitas gerakan ini. Terimakasih untuk gerakan #30hariberceritayang mengajarkan saya untuk berkomitmen dari hal-hal kecil. Semoga tetap istiqomah dalam kebaikan.

Dengan ini pula, saya menyatakan akan segera mengembalikan akun saya menjadi privat setelah hari ke-30 berakhir, sekalian akan menghapus shitposting karena sedang detoks jejak digital.